Tuesday, February 2, 2016

Mengupas kisah dibalik Nama Timor.

Leave a Comment




Timor Itulah sebutan Nama bagi Pulau Kecil yang Berdiri Tegak di tengah Laut Indonesia dan Australia.
Pulau yang pulau yang mengisahkan banyak kisah sedih di balik perjuangan yang tidak perhan menyerah demi kebebasan hidup bagi para penduduk lorosae'e, dengan semboyang “Mate ga Moris Ukun Rasik aan” atau dalam bahasa portuis "Patria Ou morte" merupakan kunci utama dari keberanian orang Timor.
 Berikut ini adalah sejarah dan kisah di balik nama Timor Leste, Timor Timur, Timor Portugis.
 Timor Leste, Timor Timur memiliki banyak nama sejalan dengan perjalanan panjang sejarah yang memilukan hingga sekarang menjadi negara merdeka yang kita kenal dengan Republik Demokrasi Timor Leste.
 Masa penjajahan Portugis yang berlangsung lebih dari empat abad, menghadiahi (membawakan)Timor Leste berbagai nama bersejarah yang memiliki arti tersendiri bagi Timor Leste.
 Dahulunya, negara yang berada di bagian paling timur Indonesia ini dinamai Timor Portugis saat kependudukan Portugis, bahkan Portugis memberi julukan Provincia Ultramania yang bermakna Propinsi Sebrang Lautan.
 Di mata Dunia dikengenal dengan nama East Timor yang merupakan rujukan bahasa inggris dari Timor Timur (bahasa Indonesia dan Melayu) yang memiliki arti sama yakni “timur”.
Sedangkan rakyat Timor Leste sendiri menyebut negaranya dengan Timor Lorosae'e yang disesuaikan dengan bahasa daerah Timor Leste yakni bahasa Tetun yang juga berarti “timur”. Jika dilihat selintas antara Timor Timur dan Timor Leste tak banyak perbedaan antara keduanya, Timor Timur berarti Timor Leste (Bahasa Portugis), sebaliknya Timor Leste berarti Timor Timur (Timtim).
 Namun dalam nuansa politis  kondisi Timtim sekarang ini kedua kata menyiratkan arti yang berbeda yaitu Timor Timur yang lebih bernuansa keindonesiaan.  Sedangkan Timor Leste lebih menyiratkan identitas Timor, dari sekian banyaknya nama yang ada menkisahkan perjalanan sejarah yang panjang selama hampir lima abad untuk mendapatkan status sebagai negara merdeka dan menjadi Republik Demokrasi Timor Leste yang diakui di dunia.
Tentu bukanlah hal yang mudah bagi penduduk lorosae’e untuk mencapai identitas yang sebenarnya Sebagian besar dari penduduk Timor leste yang menjadi korban di balik ketidak adilian yang di lakukan oleh Tentara Indonesia di pulau lorosae tersebut. Oleh karena itu untuk mempertahankan semua ini tentunya masarakyat Timor Leste harus bersatu dalam perdamaian, untuk membuktikan kepada dunia bahwa kemerdekaan dan perjuangan merupakan hal yang paling berarti bagi Negara Tersebut.
 Maka kita sebagai generasi penerus bangsa tentu ingin mempertahankan sejarah ini dan menghargai perjuangan para pahalawan bangasa ini, dan sebagai seorang generasi penerus bangsa tentu kitah harus memberikan kontribusi damai untuk kesejaterahaan negara yang beridantitas tersebut. Salam. (AL)
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment